Kamis, 31 Oktober 2019

Aplikasi VBA Gratis Undangan Surat RT

Sahabat pengguna excel, excel dikenal dengan rumus-rumus excelnya, ternyata masih ada fasilitas excel yang tak kalah penting untuk dipelajari sehingga format aplikasi excel yang kita buat lebih maksimal dan efektif yaitu menggunakan form dengan pemrograman script VBA macro. Sebenarnya tidak hanya pada Excel tetapi fitur ini juga terdapat microsoft office lainnya word, access dan powerpoint. Namun VBA dan macro seringnya digunakan pada Excel.

Kali ini kami akan menerangkan bagaimana menggunakan form sebagai pengarah pencetakan Surat Undangan hampir mirip di Mail Merge nya MS.Word, tetapi menggunakan vba macro excel akan lebih fleksible.



Untuk membuat otomatisasi Aplikasi Sederhana ini kita akan menggunakan 3 (tiga) Sheet, yang akan saling berinteraksi, sebagai berikut :

1. Sheet Aplikasi Surat

Pertama buatlah Sheet dengan diberi nama Aplikasi Surat ini berfungsi sebagai pemanggil aplikasi media form sebagai direct/ pengarah pencetakan




2. Sheet Surat

Kedua buatlah Sheet dengan diberi nama Surat ini berfungsi sebagai template surat yang isinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh kita buat Surat Undangan Warga.




3. Sheet Data

Terakhir buatlah Sheet dengan diberi nama Data berfungsi sebagai media penyimpanan daftar warta RT .  Dengan dibangun oleh tiga kolom, kolom No, Kolom Panggilan dan Kolom Nama.



Langkah Langkah Pembuatan Form

a. Buka Project Explorer

Selanjutnya buka Project Manager dengan menekan Alt+F11, sampai terbuka, aplikasi ini dibangun dengan komponen komponen sebagai berikut



Untuk lebih lengkap bisa dilihat pada file attachment nya silahkan download.

b. Lihat pada gambar dibawah ini :


Keterangan gambar :


  • Klik 1 dan akan terbuka jendela script code,
  • No 2 adalah bagian untuk meload data yang akan di masukan kedalam listbox yang datanya diambil dari Sheet Data
  • No.3 adalah bagian untuk menutup form
  • No.4 adalah untuk menempatkan data warga yang nantinya diambil dari listbox, dan melakukan preview sebelum cetak
  • No.5 adalah kita akan menempatkan data yang diambil dari listbox kemudian dikirim ke Sheet Surat dengan lokasi di Baris 12 pada Kolom 1 atau A.

c. Terakhir Bagian Event Worksheet_Active() di Sheet1 (Aplikasi Surat)


Keterangan : Fungsi dari Kode sebelah kanan adalah memanggil form ketika sheet1 (Aplikasi Surat) di Klik.

Untuk lebih lanjutnya jika ada pertanyaan silahkan bertanya lewat comment, kami akan berusaha menjawabnya, terima kasih. Mudah mudahan aplikasi ini bermanfaat terima kasih.

File Download Undangan_warga.xlsm
Lokasi lain : Undangan_warga.xlsm


2 komentar:

  1. ko susah download ya file aplikasinya? minta link yg lansung download aplikasinya dooong

    BalasHapus

Social