Selasa, 22 Oktober 2019

VBA dan Sejarah VBA


Memperkenalkan VBA

Kata pertama dalam pelajaran perama di Visual Basic for Aplikasi ini adalah “Yang Baik Untuk Memulai adalah Dimulai”,  dimana penulis berharap kita akan menemukan hal yang berguna untuk dimengerti  sehingga jika kita sudah sudah mengerti maka kita akan mudah  menggunakan script script VBA  kita untuk mengatasi masalah masalah Excel  yang kita hadapi . Dan saat kita lebih mengenal VBA  dan ternyata VBA dapat menyelesaikan masalah masalah excel yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.


APA VBA ITU?

adalah sebuah turunan bahasa pemrograman Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 1993, atau kombinasi yang terintegrasi antara lingkungan pemrograman(Visual Basic Editor) dengan bahasa pemrograman(Visual Basic) yang memudahkan user untuk mendesain dan membangun program Visual Basic dalam aplikasi utama Microsoft Office, yang ditujukan untuk aplikasi-aplikasi tertentu.
VBA didesain untuk melakukan beberapa tugas, seperti halnya mengkustomisasi sebuah aplikasi layaknya Microsoft Office atau Microsoft Visual Studio. Kegunaan VBA adalah mengotomatisasi pekerjaan.  Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang dan pekerjaan yang kompleks.
VBA berbeda dengan Microsoft Visual Basic, Microsoft Visual Basic memberi  banyak pemrograman dan fungsi  tingkat lanjut hingga Microsoft Visual Basic dapat dihasilkan program yang lebih kompleks untuk sistem operasi Microsoft Windows maupun Office.  Sedangkan VBA hanya dapat dibangun pada aplikasi utama Microsoft Office mengendalikan fungsi aplikasi tersebut melakukan serangkaian objek terprogram.
Versi VBA terbaru saat ini adalah versi 6.3 yang dirilis pada tahun 2001, yang mendukung semua program dalam Microsoft Office, yakni Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft FrontPage, serta Microsoft PowerPoint dan juga Microsoft Visual Studio.
Kita  tidak perlu membeli apa pun selain Office suite (atau aplikasi individual) karena sudah termasuk didalamnya VBA.  Jika Kita memiliki Excel di komputer  Kita, pastilah memiliki VBA juga.

Apa Itu "Makro," Apa Saja?

Flash Back beberapa dekade kebelakan,  bahasa pemrograman sering disebut "bahasa makro" jika kemampuannya termasuk otomatisasi squensial  dalam spreadsheet atau aplikasi pengolah kata. Dengan rilis Microsoft Office 5, VBA menetapkan sisi baru untuk mengetahui seberapa kuat bahasa pemrograman, dengan kemampuan yang diperluas jauh melampaui bahasa pemrograman sebelumnya, seperti kemampuan untuk membuat  dan mengontrol objek dalam Excel,  atau memiliki akses ke drive disk dan jaringan.
Jadi, VBA adalah bahasa pemrograman dan juga bahasa makro.  Kebingungan terminologi muncul ketika mengacu pada kode VBA yang merupakan serangkaian perintah yang  ditulis dan dieksekusi di Excel.  Apakah itu makro, prosedur, atau program? Sejak Microsoft umumnya menyebut prosedur VBA-nya sebagai makro,  itu cukup bagus bagi saya untuk  menyebutnya  mereka makro juga. Di luar beberapa pengecualian yang akan dibahas ketika saatnya tiba,  saya akan merujuk prosedur VBA sebagai makro.

Sejarah Singkat VBA

Nenek moyangnya VBA adalah bahasa pemrograman BASIC . Pemrograman bahasa yang dikembangkan pada 1960-an. BASIC menjadi banyak digunakan dalam banyak perangkat lunak aplikasi sepanjang dua dekade ke depan, karena mudah dipelajari dan dipahami.
Selama bertahun-tahun, BASIC telah berkembang dan meningkat sebagai respons terhadap kemajuan teknologi dan peningkatan tuntutan oleh penggunanya untuk fleksibilitas pemrograman yang lebih besar. Pada tahun 1985, Microsoft merilis lebih kaya versi BASIC, bernama QuickBASIC, yang memiliki fitur paling mutakhir yang ditemukan dalam pemrograman bahasa hari ini. Pada tahun 1992, Microsoft merilis Visual Basic for Windows, dirancang untuk bekerja di lingkungan Windows yang sedang berkembang.
Sementara itu, berbagai penerbit perangkat lunak membuat perangkat tambahan mereka sendiri untuk BASIC sebagai bahasa pemrograman produk,  kemudian menghasilkan berbagai fungsi dan fungsi yang luas dan membingungkan perintah di antara aplikasi perangkat lunak yang menggunakan BASIC.  Akhirnya Microsoft mengenali kebutuhan itu untuk mengembangkan bahasa pemrograman standar untuk produk perangkat lunaknya, dan menciptakan Visual Dasar untuk Aplikasi.
VBA pertama kali dirilis oleh Microsoft dengan Excel 5 di Office 1995 suite. Sejak itu, VBA menjadi bahasa pemrograman untuk aplikasi Office populer Microsoft lainnya, dan  juga untuk pelanggan  Microsof t,  Eksternal  VBA diijinkan untuk digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social