Jumat, 25 Oktober 2019

Dengan VBA apa yang bisa dilakukan?


Setiap orang yang membaca buku ini yang setiap harinya menggunakan excel  baik untuk mereka sendiri atau untuk lingkungannya seperti  financial budgeting, mengprediksikan, data analis, membuat invoices,  grafik, dll. Dengan bagiannya kerja masing masing tersebut  yang tingkat kontinyuitasnya tinggi, ada yang perlu diotomatiskan sehingga akan mempersingkat  dan mengeffisienkan rangkaian pekerjaan banyak menyita waktu . Atau terkadang menemukan kendala adanya kerjaan atau bagian kerjaan yang tidak bisa dihandle dengan fungsi fungsi bawaannya excel.
Atau dengan kata lain tugas yang terlalu memakan waktu atau terlalu rumit untuk terus dilakukan secara manual, disitulah VBA hadir dapat menyelesaikan masalahnya.

Mengotomatiskan bagian Pekerjaan Berulang (Recurring Task)

Jika Kita  perlu membuat laporan penjualan dan pengeluaran mingguan atau bulanan, sebuah makro dapat melakukan pekerjaan itu dalam  waktu singkat  dalam gaya dan format yang kita inginkan (dan yang lebih penting, atasan Anda akan senang dengan pekerjaan itu).  Dan jika data itu harus diperbaiki maka dengan cepat pula laporan itu direvisi.

Mengotomatiskan Siklus Pekerjaan Berulang  (Repetitive Task)

Saat dihadapkan dengan kebutuhan untuk melakukan tugas yang sama pada setiap worksheet kerja di workbook kerja Anda, atau di setiap workbook di folder file tertentu, Kita bisa membuat makro untuk "loop" melalui setiap objek.

Menjalankan Makro Secara Otomatis jika Tindakan Lain Berlangsung

Dalam beberapa situasi Kita ingin makro berjalan secara otomatis, jadi Kita tidak perlu khawatir lupat untuk menjalankan refresh. Misalnya, secara otomatis me-refresh tabel pivot saat ini sumbernya berubah,  Kita dapat memantau perubahan itu dengan VBA, memastikan bahwa tabel pivot Anda selalu menampilkan hasil yang real time.

Membuat Fungsi Sendiri yang di Custome Sendiri di lingkungan worksheet

Kita dapat membuat fungsi sendiri yang tidak disediakan dalam fungsi bawaan excel dengan rumus formula yang kita tentukan sendiri dari mulai parameter parameter dan hasil perlolehan yang kita inginkan sendiri, misalkan mau menghitung berapa jumlah jam kerja yang dihitung dari variabel jam masuk dan jam keluar  (dalam beda tanggal) sehingga hasilnya dikonversikan ke dalam satuan angka jumlahnya.

Menyederhanakan tampilan sehingga dapat mudah digunakan pengguna lain.

Saat kita membuat file excel untuk orang lain yang belum begitu banyak  mengerti  dengan excel , maka kita dapat membuatkan cara memasukan data dengan menggunakan popup lembaran form, dengan tampilan yang bukan tampilan seperti di worksheet (Sheet) dan yang tidak terbiasa dengan tampilan form di excel  akan terkejut bahwa excel bisa dibuat seperti itu.


Gambar 1

Mengontrol aplikasi office lainnya dari Excel.

Jika kita memiliki laporan di Word yang memerlukan daftar data yang disematkan dari Excel, atau jika Anda perlu mengimpor tabel dari Access ke lembar kerja Excel, dengan VBA dapat melakukan proses tersebut secara otomatis. VBA adalah bahasa pemrograman untuk aplikasi Office Microsoft lainnya, memungkinkan Anda untuk menulis makro Excel untuk melakukan tugas-tugas di aplikasi-aplikasi lain.
Seperti dapat kita bayangankan bagaimana VBA Macro ini sangat membantu kita dalam aktifitas atomatis dalam pembuatan faktur, perhitungan stock, perkiraan logika, dan kebutuhan kebutuhan lainnya terutama yang berkaitan dengan data.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social